Uncategorized

KEPEDULIAN RRI JEMBER PADA BUDAYA DI RANUPANE DENGAN MENGHADIRKAN SENI KEPANGAN UNTUK MASYARAKAT

10 April 2021


Kunjungan (RRI) Radio Republik Indonesia Ke Ranupani Yang ingin melihat dan Mengabadikan Kesenian Jaranan Di Jawa Timur, Tepatnya yang ada di Desa Ranupani ,KEC, Senduro KAB. Lumajang. yang dipimpin langsung oleh Pak.Suhono Sebagai Ketua Kesenian Jaranan tau Kepang, Dengan Kelompok Jaranan nya yang Bernama Wahyu Dewata. Yang Dilakukan atau Diselenggarakan Di halaman Balai Desa Ranupani.
Wahyu Dewata adalah salah satu Nama kelompok Jaranan, atau juga yang di sebut Kepang, yang ada di Desa Ranupani atau Suku Tengger, yang berada di atas Ketingian 2100 Mdpl dari
Permukaan laut.
Tarian ini Diikuti oleh Empat Penari yang Mengunakan Kuda tiruan. Dua kuda Berwarna Merah, Dan dua kuda lainnya berwarna putih yang Melambangkan Negara Republik Indonesia yang Tercinta, Yang masih Di Junjung Tinggi Oleh Kesenian daerah atau Masyarakat Tengger , Desa Ranupani KAB.Lumajang Kec,Senduro.
Biasanya sang Pawang atau(Pemimpin Pertunjukan)Yang dipimpin oleh PAk. Tuangkat, Melakukan Pembakaran Kemenyan dan Melakukan Doa Ritual, Dan itu Menunjukkan Bahwa acara akan di Molai, Dan membuat benteng perlindungan di sekitar tempat pertunjukan, Sebagai Lambang Perlindungan pada area pertunjukan dari berbagai Gangguan, baik Gangguan dari Mahluk yang tak tampak , Maupun Gangguan yang Di Timbulkan oleh Manusia.
Inilah saat yang Ditunggu ,Ketika Pemain Jaranan atau Kepang Melakukan Atraksinya, Yang membuat Penonton nya Kagum dan Sedikit Takut, Yang dikarenakan Atraksinya yang diluar Kewajaran, Seperti Memakan Bungga, Arang yang masih merah menyala, Dan Dijambuk Berkali-kali Tapi tidak Merasakan Kesakitan.

Hong Ulung Basuki Langgeng.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi