Uncategorized

Pengambilan Sampah Rumah Tangga, OLeh Kelompok Pemuda Sadar Lingkugan Desa Ranupani

17 April 2021


Sampah diartikan sebagai benda bersifat padat, tidak dipakai , tidak Diinginkan , dan Dibuang. Kita masih banyak beranggapan bahwa sampah Merupakan Barang Sepele dan Membuangnya Sesuka Hati kita Dimana saja kita berada. Tidak jarang kita melihat pemakai jalan raya seenaknya Membuang sampah di depan dagangan tanpa merasa risih. Di pinggir jalan Terlihat tumpukan Sampah yang menyerupai gunung kecil, Terpencar-Pencar. Di Gorong- Gorong juga terlihat penuh oleh bermacam-macam Sampah. Dari kejadian seperti ini bisa dikatakan bahwa masyarakat belum Menyadari bahwa sampah yang dibuang ini mempunyai dampak terhadap Kesehatan Masyarakat dan menimbulkan kekumuhan.

Dan Tergeraklah Kelompok Peduli Lingkungan atau Relawan Desa di Bidang Penangulangan Sampah Tetangga, yang Terdiri dari Pemuda-Pemuda Desa Ranupani Sendiri, Yang ikut andel dalam Kebersihan Desanya, Mereka Sadar Bahwa Desa mereka ini Tempat Para Wisatawan Melakukan Liburan , Seperti Mengunjungi Danau Ranu Gumbolo,Ranu Regulo dan Danau Ranupani, dan gak kalah terkenalnya Ia itu Pendakian Gunung Semeru atau juga Disebut Puncak Para Dewa Oleh Sebagian besar Para Pendaki Gunung Semeru, Gunung Tertinggi Di Pulau jawa, Berada Di Ketinggian 3.676 Mdpl, Yang berada di Desa Ranupani Kec,Senduro Kab,Lumajang.
Bahkan Mereka Tidak segan-segan sisir Semua Gang-Gang Kecil Untuk Mengambil Sampah-Sampah Warga dan Sampah yang ada di Got tau gorong-gorong, Dan Bersyukurnya Warga Desa Ranupanipun Molai Berbenah diri dan Sadar Akan Pentingnya Membuang Sampah pada tempatnya, Dan Senang Ketika Kelompok -Kelompok Sadar Lingkungan yang terdiri dari Pemuda-Pemuda Ranupani yang Aktif dan rutin Setiap 1 Minggu sekali Megambili Sampah Masyarakat, Bahkan Wargapun Ikut Membantu Dan Tak jarang Juga Memberikan Makanan Kecil dan Permen Untuk Memberikan Semangat dan Apresiasi Akan Peduli Terhadap Sampah, Dan Atas Pengabdian Para Pemuda Peduli Lingkungan Di Desa Ranupani Yang Berdampak Langsung dan Dirasakan Warga Desa Ranupani Ujar P. JOKO
Inilah Tempat Pembuangan Sampah Sementara Atau (TPS)Di Desa Ranupani, Yang nantinya Akan Diangkut Ke Lumajang,Tempat Pembuangan Ahir(TPA) Tepatnya Desa Tempeh Kab.Lumajang, Kendala dan hambatan Kami Sebagai Pelaku Atau Pemuda Desa yang Ikut Bahkan Aktif Dibidang Peduli Lingkungan Adalah, Lahan Tempat Pembuangan Sementara(TPS) Yang Dulunya Kami Juga Sempat Mengajukan ATau Meminta sedikit Lahan Dari TNBTS Yang nantinya Sebagai Tempat Pembuangan Sementara(TPS) Ternyata masih Belom MEMBUAHKAN hasil yang maksimal, Belom Mendapat ijin Legal.
Ahhirnya PAk.Kades Untung Raharjo Meminjamkan Sedikit Lahanya Untuk Menjadi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS)Dan Disambut sangat Baik Oleh Kelompok Pemuda Peduli Lingkugan dan Masyarakat, Karena yang Menjadi Problem Para Kelompok Peduli Lingkungan dan Warga ini Sudah Mendapatkan Solusi, Dan juga Respon yang baik Dari Pemerintah Kab.Lumajang yang Memberikan 1 buah Mobil DAm, Untuk Pengangkutan Sampah Ahhir(TPA) Atau Lempeni.
Hong Ulung Basuki Langgeng.


Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi