Uncategorized

Penerimaan Ijazah Sekolah Keaksaraan PKBM Desa Ranupani

22 April 2021


Seperti kita ketahui Bagemana pentingnya pendidikan sejak dini didalam Aspek kehidupan Setiap Manusia ,Di kota maupun Di Desa. yang akan Menjadikan setiap Pengalaman Dalam Menempuh pendidikan itu dijadikan Suatu Bekal kehidupan di dunia, bahkan tak jarang juga Mengartikan Sebagai ,Ujung Tombak untuk maju kemasa depan yang lebih Baik, Dengan Mencari ilmu setinggi mungkin lewat Pendidikan, bahkan Sampai ke luar Negeri untuk memperluas ilmu Pengetahuan Pendidikan Nya.

Dan untuk peningkatan pengetahuan, ketrampilan/keahlian, hobi atau bakatnya yang Dikelola Dan diselenggarakan sendiri oleh masyarakat, Lewat Progam PKBM Keaksaraan Fungsional Paket A, Yang Membantu Masyarakat Untuk Bisa menambah Ilmu dalam Bidang Pendidikan dan Keterampilan.

Pusat Pendidikan Non Formal (PNF) ini memiliki azas yakni Sesuai kebutuhan, Pendidikan sepanjang hayat, relevansi dengan pembangunan Masyarakat, dan wawasan masa depan.

Secara konstitusi, dalam UUD 1945 disebutkan pada pasal 28 C bahwa Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan Dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari Ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. pasal kedua adalah setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam Memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, Bangsa dan negara. Sisi yang lain juga pada pasal 31 ayat 1 disebutkan Bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Kemudian pemerintah memberikan saluran berupa jalur pendidikan Menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, dimana pada pasal 13 ayat 1 disebutkan bahwa jalur pendidikan terdiri dari atas pendidikan formal, non formal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan Memperkaya.

Dan kami sangat bersyukur Untuk Program PKBM Keaksaraan Fungsional Paket A, dan Tutor-Tutor yang Memberikan Ilmu Pendidikan dan Keterampilan Untuk lebih lagi Mengali Kreatifitas dalam diri saya dan Temen-Temen lain, Yang walaupun Sebenarnya kami sudah Tua bahkan penangkapan dan pengertian kami sudah molai berkurang tentang pendidikan, Dan kami Sadar bahwa desa kami ini adalah desa Wisata, dan siapa lagi yang akan Mengelola kemajuan desa kami kalau bukan kami sendiri sebagai warga Masyarakat Desa Ranupani, Walaupun dengan Keterbatasan kami yang sering lupa, tapi kami juga Mempercayai Ketika ada usaha maka akan ada Jalan Ujar B.Sulastri
Selama 3 Bulan saya ikut belajar Program PKBM Keaksaraan Fungsional di Desa Kami Ranupani, saya semakin Percya diri, yang dari Mulanya saya belum bisa membaca, Setelah Saya ikut Belajar dan tidak bolos, Molai sudah membiasakan membaca ,Walaupun masih Belom lancar tapi saya akan terus berusaha untuk saya juga nantinya Bisa ikut memajukan Desa saya Lewat ilmu yang saya dapat dari belajar bersama sekolah Keaksaraan Fungsional PKBM. Ujar P.Mestum
Hong Ulung Basuki Langgeng


Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi